Minggu, 21 April 2019

Sistem Bisnis Elektronik

           Enterprise systems atau sering juga disebut Enterprise wide systems adalah sistem atau pemrosesan yang melibatkan seluruh perusahaan atau departemen-departemennya
          E-business berarti menggunakan Internet, menggunakan jaringan lainnya dan mendapatkan dukungan dari IT.

a. Electronic commerce.
Penggunaan E-business juga berarti akan berupa E-Commerce ketika berhadapan dengan pelanggan.

b. Enterprise communications and collaboration.
Penggunaan E-business juga merupakan bentuk jaringan yang dibuat sebagai alat untuk komunikasi didalam perusahaan dan membantu setiap unit organisasi dalam melakukan kolaborasi.

c. Web-enabled business processes.
Penggunaan E-business juga berarti melakukan proses bisnis yang dibantu dengan media web dalam membentuk jaringan bisnisnya.

          E-commerce adalah media untuk melakukan transaksi pembelian, penjualan dan pemasaran atas produk, jasa dan informasi melalui internet dan jaringan lainnya.

          Sistem Pemrosesan Transaksi atau Transaction Processing System adalah bagian dari sistem informasi yang merupakan sebuah sistem yang menjalankan dan mencatat transaksi rutin harian yang diperlukan untuk menjalankan bisnis. Contohnya adalah seperti memasukkan pesanan penjualan, pemesanan hotel, penggajian, pencatatan karyawan dan pengiriman. Manajer butuh sistem untuk memonitor status operasional internal dan hubungan perusahaan dengan lingkungan eksternal. Sistem pemrosesan transaksi juga merupakan pembuat utama informasi bagi jenis sistem lainnya.

Sistem Pemrosesan Transaksi (SPT) memiliki karakteristik yaitu:
a) SPT berfungsi mencatat data ke dalam basis data.
b) SPT digunakan oleh para pemakai akhir (end user), yang terdiri dari operator (misalnya kasir, teller bank dan resepsionis hotel) atau para manajer pelaksana.
c) SPT menyajikan informasi atau laporan yang bersifat baku atu standar tidak mengandung banyak variasi.
d) SPT diperlukan hampir setiap hari karena dalam suatu perusahaan transaksi selalu terjadi dan setiap transaksi yang terjadi harus dicatat.
e) SPT berguna untuk pembuatan keputusan yang terstruktur. Keputusan yang terstruktur adalah keputusan yang timbul karena masalah yang sudah jelas dan jalan keluar juga jelas.
f) SPT memerlukan perangkat input dan output yang sangat bervariasi mulai dari komputer, mesin ATM, telpon dan perangkat lain yang dalam masa depan akan semakin bervariasi dan mudah digunakan.

Kegiatan Utama SPT 
SPT mencatat data ke dalam basis data. Data yang dicatat dapat berbentuk macam -macam, misalnya huruf, angka, tanda bahkan gambar dan suara. Dengan adanya kemajuan di bidang komputer, data dicatat ke dalam sistem komputer, tidak lagi dalam bentuk aslinya, tetapi sudah diubah ke dalam bentuk digital yang hanya dapat dibaca oleh komputer. Dan bentuk digital ini disimpan dalam media yang khusus dibuat untuk menampung data, diantaranya adalah disket, hardisk, CD, flash memori, dan magnetic tape atu kaset.

Data disimpan dengan suatu metode yang sistematis, sehingga sewaktu-waktu diperlukan lagi dapat diambil dengan cara cepat dan akurat. Biasanya data disimpan dalam bentuk tabel, seperti halnya dengan daftar tamu dan daftar presensi. Tabel terdiri dari beberapa baris dan setiap baris terdiri dari beberapa kolom. Baris menggambarkan entitas (misalnya satu orang mahasiswa) dan kolom menggambarkan ciri atau atribut (misal nomor mahasiswa).


Memproses Data
Memproses data merupakan kegiatan memanipulasi data agar diperoleh informasi yang diperlukan. Kegiatan memanipulasi data dapat berupa kegiatan aritmatika (menambah, mengurang, mengalikan, membagi, menjumlah) atau kegiatan manual (meringkas, mengurutkan, memisah, menggabung, menghapus dan menyisipkan).

Pemrosesan data dapat dilakukan dengan dua cara, yaitu cara batch process (sequantial processing) dan cara online (real time). Cara batch dilakukan dengan mengumpulkan data terlebih dahulu, baik secara fisik maupun secara digital dalam komputer, dan secara berkala akan diolah misalnya setelah terkumpul data tertentu. Car ini tidak memerlukan biaya yang mahal bahkan cukup dengan satu komputer. Misalnya suatu perusahaan mencatat data transaksi penjualan secara manual dalam faktur penjualan. Faktur selama satu hari lalu dikumpulkan, lalu esok paginya diinput dalam komputer dan diproses.

Cara online dilakukan setelah data transaksi dicatat. Contoh: pada waktu seseorang mengambil uang melalui ATM, datnya akan diperbarui setelah orang tersebut berhasil mengambil uangnya. Cara ini memerlukan alat yang lebih mahal, karena harus tersedia beberapa mesin atau komputer yang saling terhubung.


Fungsi bisnis pemasaran adalah memperhatikan perencanaan, promosi dan penjualan produk yang ada di pasar, serta pengembangan produk baru dan pasar baru untuk menarik serta melayani pelanggan baru atau pelanggan potensial dengan lebih baik.

Sistem informasi yang digunakan untuk manajemen operasi dan pengolahan transaksi yang mendukung semua perusahaan yang harus terencana, terawasi dan pengendalian persediaan, pembelian, dan aliran barang dan jasa. Untuk itu, perusahaan seperti perusahaan transportasi, grosir, ritel, dan institusi keuangan, dan perusahaan jasa harus menggunakan sistem informasi produksi/operasi untuk merencanakan dan mengawasi kegiatan operasi mereka pada aplikasi pablikasi berbasis komputer untuk mengilustrasikan sistem informasi yang mendukung fungsi kegiatan produksi/operasi.

Internet telah menjadi kekuatan utama bagi perubahan di dalam manajemen sumber daya manusia. Sebagai contoh, sistem HRM online dapat melibatkan perekrutan karyawan melalui bagian rekrutmen dari situs korporat. Perusahaan juga menggunakan layanan perekrutan komersial dan basis data dalam situs di seluruh dunia, memasang pesan dalam kelompok berita internet terpilih, dan berkomunikasi dengan pelamar kerja melalui surat elektronik.

Teknologi intranet memudahkan perusahaan untuk mengolah aplikasi HRM yang umum di intranet perusahaan. Intranet memnungkinkn departemen HR untuk memberikan layanan 24 jam kepada pelangan mereka karyawan. Mereka juga dapat menyebarkan informasi berharga dengan lebih cepat di banding melalui saluran perusahaan sebelumnya. Intranet dapat mengumpulkan informasi online dari karyawan untuk masuk ke dalam arsip HRM mereka, dan dapat memudahkan manajer dan karyawan lain untuk melaksanakan tugas-tugas HRM dengan sedikit intervensi oleh departemen HRM

Tidak ada komentar:

Posting Komentar